Pengenalan Zahir Accounting : Aplikasi Komputer Akuntansi

ZAHIR ACCOUNTING

Zahir Accounting adalah software akuntansi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan, mempunyai fasilitas yang bagus dan berdaya saing tinggi, dilengkapi dengan analisa laporan berupa grafik dan analisa resiko keuangan yang berguna untuk keputusan manajemen perusahaan

PT Zahir Internasional ialah perusahaan pembuat dan pengembang peranti lunak akuntansi dengan nama Zahir Accounting yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia sejak tahun 1996. Zahir Accounting diberdayakan oleh tim terbaik dan inovator cerdas meliputi programmer andal yang membuat produk hebat, tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf dukungan pelanggan yang selalu berkomitmen memberi pelayanan terbaik. Zahir Accounting versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Selanjutnya pada tahun 1997 ia dikembangkan ke versi 2.0 dan dipasarkan mulai tahun 1999.

Fasilitas dan Modul yang ada pada Zahir Accounting

1. Modul Data - Data

Digunakan untuk membuat data master di zahir accounting. fasilitas yang ada di modul data - data.
a. Data Nama Alamat
b. Data Rekening
c. Data Produk
d. Satuan Pengukuran
e. Data Proyek
f. Data Harta Tetap
g. Data Pajak
h. Data Mata Uang



2. Modul Buku Besar

Digunakan untuk melakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar akun, dan membuka buku besar per akun.
a. Data rekening perkiraan
b. Transaksi jurnal umum
c. Buku besar
d. Daftar transaksi jurnal



3. Modul Penjualan

Digunakan untuk mencatat semua transaksi pengeluaran barang atau jasa untuk pelanggan dapat dengan tunai maupun piutang. Beberapa fasilitas yang ada di modul penjualan.
a. Sales Order
b. Pengiriman Barang
c. Retur Penjualan
d. Daftar Piutang Usaha
e. Pembayaran Piutang usaha
f. Pengembalian Kelebihan (kredit)



4. Modul Pembelian

Digunakan untuk mencatat semua penerimaan barang atau jasa dari supplier atau vendor. Transaksi pembelian dapat dilakukan tunai atau hutang. Beberapa fasilitas yang ada di modul pembelian.
a. Purchase Order
b. Pengiriman Barang (Invoicing)
c. Retur Pembelian
d. Daftar Hutang Usaha
e. Pembayaran Hutang Usaha
f. Penerimaan Kembalian (Debet)



5. Modul Kas dan Bank

Digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan rekening kas atau bank, seperti transfer antar rekening kas/bank, kas/bank masuk, kas/bank keluar.. Beberapa fasilitas yang ada di modul Kas dan Bank.
a. Transfer Kas
b. Kas Masuk
c. Kas Keluar
d. Rekonsiliasi Bank



6. Modul Persediaan

Digunakan untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan. Beberapa fasilitas yang ada di modul Persediaan.
a. Pemakaian/Penyesuaian Barang
b. Pemindahan Barang
c. Stock Opname
d. Perakitan



7. Modul Laporan

Digunakan untuk melihat semua laporan hasil penginputan modul-modul sebelumnya. Beberapa fasilitas yang ada di modul Laporan.
a. Analisa Bisnis
b. Laporan Keuangan
c. Laporan Penjualan dan Piutang
d. Laporan Pembelian dan Hutang
d. Laporan Barang



Sekian Postingan kali ini tentang pengenalan Zahir Acoounting.

Komentar

Postingan Populer